Kamis, 25 Februari 2010

Access DVR Melalui Internet (Bagian 5-Habis)

Langkah 5 : Menginstall Software dan Menjalankan Aplikasi

Selamat! Kita sudah berhasil mendapatkan tiket untuk masuk ke Port 5445 milik DVR kita. Selanjutnya adalah menginstall aplikasi yang disediakan pabrik untuk mengakses DVR. Pada saat membuka aplikasi, parameter yang harus  diisi adalah sekitar ini (contoh):

Server address:  dvrrumah.dvrdns.org 
Access Port     :  5445                                    
User ID           :  isi user login DVR  (jangan keliru dengan yang di DynDNS!)
User 
Password :  isi password DVR   (jangan keliru dengan yang di DynDNS!)

Setelah itu, klik Connect dan biarkan proses Connecting... berjalan. Jika semuanya berjalan baik, maka gambar akan muncul pada PC atau Laptop kita. Kecepatan gerakan gambar tergantung dari banyak faktor yang memerlukan pembahasan tersendiri.

Keterangan:
1. Jika produk DVR kita bisa menggunakan access langsung dari browser (umumnya Internet Explorer 6 ke atas), maka yang perlu dilakukan adalah memasukkan 
alamat dvr kita beserta port ke dalam address bar. Contohnya http://dvrrumah.dvrdns.org:5445/. 
Setelah itu software (biasanya) meminta instalasi ActiveX. Selanjutnya, jalankan saja instruksi yang  diminta sampai selesai.


2. Langkah 1 sampai dengan 5 yang pembahasannya baru saja berlalu ini sifatnya umum. Apapun merk DVR kita, langkah settingnya tetap sama, kecuali jika pabrikan telah menyediakan layanan sendiri untuk access Internet. Sebut saja autoipset atau ipdvrfree milik CNB. Pada autoipset kita tinggal melakukan registrasi, sedangkan pada ipdvrfree tinggal member join. Untuk menggunakan fasilitas itu, merk DVR kita harus CNB tentunya. Selanjutnya tinggal access, mudah bukan?

Pada posting selanjutnya, penulis akan singgung sedikit tentang bagaimana mudahnya menggunakan layanan ini. Insya Allah.

(Habis)