Senin, 01 Februari 2010

Istilah CCTV (Bagian 4)

2. Istilah Camera
Sejujurnya, cara paling praktis dalam menentukan kualitas camera adalah dengan mencobanya langsung. Namun, sayang hal itu jarang bisa dilakukan. Sebagai gantinya, vendor selalu menyediakan brosur untuk dipelajari dulu sebelum memilih mana yang cocok untuk keperluan kita. Tidak jarang mereka menjelaskan secara detail tentang keunggulan satu produk dengan menggunakan istilah. Nah, dalam menjelaskan biasanya mereka mulai dari urutan berikut ini.

Bentuk Camera 
Pembahasan satu istilah sejatinya harus dimulai dari pengenalan bentuk terlebih dahulu. Demikian pula halnya dengan CCTV, tidak lengkap rasanya jika kita hanya mengenal nama, tetapi tidak mengetahui bentuknya. 


Standard Camera (disebut juga Box Camera)
Box camera pada umumnya dijual belum termasuk lensa, sehingga vendor menawarkan banyak pilihan yang tergantung jenis lensanya. Misalnya, box camera dengan lensa standard 4 mm (fixed iris) cocok dipakai untuk lokasi-lokasi publik, seperti: Lobby hotel, areal parkir, lobby bank (banking hall), ruang tunggu tamu dan area lain seperti itu. Sedangkan lensa 12mm auto-iris (bisa) dipakai untuk:  koridor hotel, pintu masuk parkir basement, selasar dan area-area memanjang sempit lainnya.  

Dome Camera
Dome camera cocok digunakan di dalam ruangan (indoor), karena bentuknya tidak mencolok dan tidak mengganggu estetika ruangan. Warna casing biasanya putih atau hitam. Pemasangan yang umum adalah di langit-langit (ceiling). Pada beberapa produk, bagian camera di dalamnya tidak terlihat jelas, karena kubahnya berwarna gelap. Dome terbaru memiliki pengaturan 3-axis. Jadi posisi dome bisa dipasang bebas (miring, tegak, bahkan dipasang di dinding), tanpa khawatir gambarnya jadi terbalik. Hal ini dimungkinkan, karena camera di dalamnya bisa diputar-putar ke arah yang sesuai.




Bullet Camera
Bullet camera ada yang indoor ataupun outdoor. Aplikasinya disesuaikan dengan keadaan sekitar, sehingga belum tentu cocok di ruangan dengan estetika tinggi. Namun, kebanyakan dari jenis weatherproof dipasang di outdoor dan dilengkapi dengan lampu infra merah (infra red lights) agar menghasilkan gambar yang jelas di malam hari pada jarak tertentu, walaupun kondisi gelap total. 




Miniature Camera
Jenis ini tegolong langka dalam pemasangan, kecuali di tempat yang sengaja dirahasiakan oleh pemiliknya. Tujuannya untuk mengamati orang di ruangan tertentu,  misalnya karyawan yang dicurigai curang dalam bekerja atau mengamati tamu. Untuk itu -karena ukurannya kecil- camera tipe ini bisa ditempatkan di balik sesuatu, misalnya lukisan, lemari, pajangan dan lainnya. Bahkan ada yang memasangnya di balik jam dinding yang dilubangi!




Board Camera



Board camera tidak lain adalah bagian dalam dari miniature camera itu sendiri atau bagian dalam dari camera jenis dome. Seperti terlihat pada gambar, maka padanya sudah terpasang board lens, baik yang biasa (gambar samping) maupun pinhole (gambar di bawahnya). 




Selama spesifikasinya sama, maka bentuk camera tidak berpengaruh pada hasil gambar. Artinya, tampilan gambar dome camera relatif sama dengan box camera yang keduanya memiliki spesifikasi sama.