Jumat, 09 April 2010

Masalah Keyboard Speed Dome

Masalah pengontrolan kerap menimpa camera speed dome pasca instalasi, khususnya camera yang letaknya paling jauh dari keyboard. Tarikan kabel yang tidak daisy-chain dituding sebagai biang keladi persoalan keyboard yang sering macet. Tarikan daisy chain diperlihatkan pada gambar di bawah ini. Dalam teknik jaringan, cara ini dikenal dengan nama topologi bus. Terlihat kabel yang datang menuju keyboard hanya ada satu dan -menurut kami- inilah yang benar.


                                                                                    Penarikan secara "daisy chain"

Namun,  di lapangan persoalannya bisa menjadi lain. Letak camera yang berjauhan dan tidak berada dalam satu jalur yang lurus satu sama lain, ternyata membawa fenomena baru. Adakalanya instalasi mengharuskan satu camera berada di Timur, satu di Barat, satu lagi di Utara dan sisanya di Selatan, seperti yang terlihat pada ilustrasi di bawah ini. Dengan alasan praktis, teknisi akan menarik kabel data secara sendiri-sendiri.

                                                                                           Penarikan secara "home run"

Kami memandang konstelasi kabel data speed dome seperti di atas paling tidak akan mengundang 3 (tiga) masalah, yaitu:

1. Kabel data akan datang masing-masing dari berbagai jurusan.
2. Total panjang fisik kabel adakalanya bisa melebihi 1200m. 
3. Kabel yang diparalel menyebabkan impedansi output keyboard mengecil, sehingga keyboard seolah-olah menjadi "berat".

Point pertama akan menyebabkan kabel menumpuk di terminal keyboard dan  cara seperti ini tidaklah bagus.

Point kedua memberikan perhitungan panjang kabel yang rancu, sehingga mungkin saja melebihi panjang max. yang dipersyaratkan oleh sistem RS-485, yakni 1200m.

Point ketiga, inilah yang menjadi pokok bahasan kita, yaitu impedansi keyboard menjadi kecil.

Ketiga faktor ini diduga kuat menjadi penyebab mengapa camera speed dome jadi tidak dapat dikontrol, terutama yang jaraknya paling jauh dari keyboard. Apakah andapun pernah mengalami hal serupa? Jika ya, maka pertimbangkanlah untuk menarik kabel data speed dome secara daisy chain. Namun, jika sudah telanjur menarik kabel secara home run, maka gunakanlah data distributor.