Minggu, 04 April 2010

Q & A Video Balun (3)


Mengapa camera dan balun yang dipasang di luar (outdoor) memiliki resiko kerusakan tinggi dan kualitasnya tidak stabil?
Secara alamiah kabel-kabel outdoor yang panjang akan memiliki resiko kerusakan akibat kilat dan petir, sekalipun sudah dilengkapi dengan TVS (Transient Diode for Surge Protection). Akan tetapi produk ini hanya benar-benar rusak apabila terkena petir yang sangat kuat. Oleh sebab itu, kami menganjurkan agar tetap memasang proteksi anti petir pada setiap device yang harganya mahal.



Bagaimana melindungi peralatan yang berharga mahal seperti camera, DVR dan monitor dari kerusakan akibat petir?
Tambahkanlah peralatan proteksi anti petir (surge protection) di belakang camera dan pada input peralatan, seperti DVR atau monitor. Sisihkanlah sedikit uang demi menyelamatkan peralatan yang berharga mahal ini!


Dapatkah RF (Radio Frequency) menyebabkan interferensi terhadap sinyal video pada saat memakai balun?
Secara teoritis tidak, karena balun sangat kebal terhadap interferensi. Demikian pula dengan kabel twisted seperti UTP Cat 5 yang dapat meredam pengaruh interferensi. Satu-satunya penyebab interferensi yang perlu diwaspadai adalah sinyal RF berdaya tinggi, baik pada coaxial maupun twisted pair. Kita bisa mencoba kabel twisted pair dengan shield berbahan aluminium foil mylar, tetapi cara terbaik adalah menghindari area yang berpotensi menimbulkan interferensi.