Rabu, 05 Mei 2010

Persamaan LAN dengan Sistem PABX (2)

Incoming Call Extension Ringer = Port Forwarding
Pada sistem PABX, panggilan telepon dari luar dinamakan incoming call. Tergantung dari programnya, maka satu incoming call harus membunyikan minimal satu telepon pada satu extension atau membunyikan telepon di beberapa extension sekaligus.  

Nah, access DVR via internet dari tempat lainpun memakai teknik serupa, yaitu bagaimana mengupayakan agar DVR bisa "kring" saat di-access. Dalam teknik jaringan, cara ini disebut dengan Port Forwarding. Mari kita sederhanakan persoalannya melalui ilustrasi di bawah ini.



Pada ilustrasi di atas incoming call ke nomor telepon 4260498 dari telepon manapun di tempat lain akan membunyikan extension 101. Ini tinggal "memainkan program" saja pada central PABX.

Pada teknik jaringan, tekniknya hampir mirip. Pada ilustrasi di bawah ini terlihat, bahwa laptop akan mengakses DVR dengan alamat IP 192.168.1.10 pada jaringan lokal di tempat lain. DVR sudah diberi port pada program menunya, misalkan 5445. Nah, di sini laptop tidak bisa mengakses langsung alamat IP lokal DVR-nya, melainkan harus mengakses WAN IP-nya dulu ditambah port yang dituju. Misalkan WAN IP-nya adalah 125.167.24.71 (contoh), maka untuk mencapai DVR yang dituju, laptop mesti mengetikkan 125.167.24.71:5445 pada browser. Perhatikan tanda "titik dua" yang berfungsi untuk memisahkan antara WAN IP dengan Port.



Namun, bisa dibayangkan betapa repotnya apabila setiap kali akan mengakses DVR, kita harus mengetahui dulu berapa WAN IP address di tempat yang dituju. Belum lagi jika WAN IP ini berubah-ubah di kemudian hari, sehingga alamatnya bukan seperti hari ini. Oleh sebab itulah kita memerlukan satu layanan (service) pihak ketiga untuk mengatasi keruwetan ini. Salah satunya adalah melalui layanan dynamic DNS (DDNS) semisal Dyn.com, no-ip.com atau yang lain, seperti pernah kami jelaskan sebelumnya. Dengan adanya layanan ini, maka pada software DVR atau browser kita cukup mengetikkan alamat DVR kita beserta portnya saja, misalkan dvrrumah.dvrdns.org:5445, tanpa memperdulikan lagi berapa alamat WAN IP-nya. Mudah sekali, bukan?