Rabu, 13 April 2011

Huawei E5830:Praktisnya Sharing Internet dengan Modem Mi-Fi



Sekarang ini access internet bukan sesuatu yang mahal lagi. Sekadar untuk browsing atau membuka situs surat kabar, rasanya kita tidak terlalu memerlukan access Internet dengan kecepatan yang fantastis. Oleh sebab itu kadangkala kami heran terhadap hotel-hotel berbintang, namun masih "pelit" terhadap access Internet di tempatnya. Sinyal wifi mereka ternyata tidak bisa "menerobos" ke dalam kamar, tetapi hanya bisa di-access di area public saja seperti lobby, restoran atau area terbuka lainnya. Padahal saat di dalam kamarpun, kita memerlukan sinyal wifi yang mumpuni untuk berselancar atau membuka email, bukan? Selain itu, ada juga hotel yang membatasi access internetnya dengan login password (bukan dengan network security key) dimana kita tidak bisa memakai satu password secara "keroyokan" alias sharing. Entah kami yang gaptek atau bukan, tapi yang jelas kami pernah mengalami hal seperti itu (untungnya bukan hotel berbintang di Bandung, tetapi di ibukota!).

Tapi kini masalah tersebut sudah bisa teratasi dengan modem wifi yang bisa kita bawa ke mana saja. Jadi, kita tidak bergantung lagi pada ada tidaknya hotspot di satu tempat, karena kita sudah memiliki hotspot sendiri. Terlebih bagi mereka yang memakai smartphone Android atau iPad, maka access wifi ini sepertinya menjadi satu kebutuhan.

Modem wifi yang kami maksud adalah Huawei E5830. Bentuknya mungil dan bisa dimasukkan ke dalam saku. Kita tinggal menanamkan sebuah kartu sim GSM internet (seperti Telkomsel Flash, 3 atau lainnya), memasang baterai layaknya pada ponsel dan melakukan sedikit setting APN. Setelah itu, aktifkan mode W (wifi) dengan menekan tombol di samping unit. Tak berapa lama sinyal wifi pun tertangkap pada device kita. Kini, kita bisa meng-access internet dengan baik. 



Satu hal yang kami sukai dari alat ini adalah kita bisa sharing dengan 5 device di sekitarnya, misalkan bersamaan di dalam mobil. Saat perjalanan, anak-anak bisa tetap online (OL), baik melalui smartphone maupun laptop-nya. Soal kecepatan kami tidak mau berkomentar banyak. Namun, sepanjang yang kami pakai dengan kartu Flash (Telkomsel), modem ini sudah menunjukkan performa yang bagus di sepanjang perjalanan luar kota. Bahkan untuk memainkan game anak-anak secara on-line sekalipun, modem ini termasuk mumpuni. Jika berbicara soal jarak sinyal wifi, maka kekuatan sinyal dari alat ini tergolong kecil dibandingkan dengan wifi router kebanyakan. Cuma, dalam hal ini kita tidak terlalu memerlukan jarak, karena alatnya sendiri bisa dipindah-pindah dengan mudah alias tinggal didekatkan saja. Inilah yang disebut dengan Mi-Fi (mobile Wi-Fi). Jadi tidak usah risau! Ketahanan baterai-nya pun terbilang bagus dan bisa diisi melalui charger USB bawaannya. Jika khawatir baterai habis di perjalanan, maka disarankan kita menyiapkan charger USB di dalam mobil yang dihubungkan dengan lighter.

Untuk access DVR, kami sudah mencobanya beberapa kali dan hasilnyapun tidak kalah dengan paket Speedy standar (Socialia). Secara overall, unit ini sudah menunjukkan performa dengan rating yang sangat bagus. Tentu saja dalam hal ini kualitas jaringan provider, harga paket internet dan lokasipun turut memengaruhi, namun bukan pada tempatnya jika kami bahas di sini. Bagaimana? Selamat mencoba!