Senin, 30 Mei 2011

Masih Seputar IR Cam


Tidak dipungkiri, bahwa hasil camera Infra Red (IR) tidak selalu sesuai dengan harapan. Dalam beberapa kasus, sering kita jumpai cahaya IR dari camera tidak bisa menjangkau semua cakupan objek, sehingga hasil gambar masih jauh dari memuaskan. Pasalnya, pada beberapa merk, sinar IR hanya berpusat di tengah objek, sedangkan di sekelilingnya masih kelihatan gelap. 

Selain camera IR, ada pula Day&Night Camera (D&N) yang tidak dilengkapi IR. Kendati tidak dilengkapi dengan IR, namun adakalanya camera D&N sudah cukup mumpuni untuk daerah-daerah gelap, sekalipun tidak gelap total.



Persoalan Utama: Kuat Cahaya!
Saat mencari camera outdoor untuk kebutuhan malam, kita dihadapkan pada persoalan seberapa kuatkah cahaya yang ada pada malam hari? Apakah kita dibolehkan untuk menambah penerangan ataukah membiarkan camera bekerja dengan cahaya apa adanya?


Jika dimungkinkan untuk menambah lampu penerangan, maka sejujurnya cara inilah yang paling cepat dan tepat dalam mengatasi problema ini. Cuma, seberapa besar penerangan yang diperlukan? Objek mana saja yang perlu diterangi? Penerangan jenis apakah yang ideal? Semuanya masih bersifat tentatif, bukan?


Seperti pernah kami paparkan, bahwa untuk menilai bagus tidaknya satu camera, maka secara objektif hal itu hanya bisa dilakukan dengan mencobanya langsung di lapangan. Nah, jika ada kesempatan dari vendor yang bonafide untuk mencoba langsung dalam kondisi real, maka manfaatkanlah kesempatan ini.


1. Setelah ada gambaran mengenai kisaran harga dan biaya instalasinya, maka     pilihlah dua tipe camera yang mewakili, yaitu tipe IR dan tipe Day&Night (tanpa IR). Pastikan budget anda mencukupi untuk kedua tipe itu.


2. Sedapat mungkin tempatkanlah camera di atas tripod. Arahkan camera pada objek yang sebenarnya,  sekalipun nantinya dipasang lebih tinggi.


3. Stay natural. Biarkan dulu cahaya lampu apa adanya, bahkan tidak ada cahaya sama sekali. Perlu diketahui, kita akan mencoba dua tipe camera berbeda, dimana cahaya lampu dan IR akan saling memengaruhi.


4. Pakailah DVR untuk meng-capture atau merekam hasil gambar. Waktu yang dirasa paling pas untuk mengetahui performa camera pada malam hari adalah antara pukul 18:00 - 19:00, yaitu saat matahari terbenam dan malam mulai tiba. Waktu ini mungkin dirasa pas pula bagi vendor, karena tidak terlalu malam.


5. Cobalah camera satu per satu, boleh yang tanpa IR dulu, setelah itu camera IR. Jangan mencoba bersamaan, karena cahaya IR akan "tertangkap" oleh camera tanpa IR.


6. Perhatikanlah hasilnya. Manakah yang menurut anda paling pas?


Kesimpulan
Parameter camera yang tercantum di dalam spesifikasi teknis tenyata masih perlu dibuktikan langsung di lapangan. Pasalnya, parameter itu sifatnya kuantitatif, sementara mata kita hanya bisa bekerja secara kualitatif. Namun persoalannya tidak semua vendor yang mau dan bisa melakukan "try before buy", sehingga jangan heran apabila kualitas camera yang dipasang ternyata tidak sesuai dengan harapan. Hanya vendor tertentu saja yang bisa dan mau untuk melakukannya.