Kamis, 30 Juni 2011

Access Camera di HP Android via Internet

Menyambung tulisan kami sebelumnya, maka saat di perjalanan aplikasi Web Cam Android kita bisa di-acess via Internet melalui dua cara, yaitu:

1. Melalui mobile wifi router.
2. Melalui layanan data dari provider GSM.


Access melalui Mobile WiFi Router 
Kami mencobanya dengan memakai modem Huawei E5830 dan kartu Telkomsel Flash paket 50 ribu. Setelah Laptop (untuk setting modem), HP Android dan Modem sudah ter-connect ke dalam area wifi E5830, maka selanjutnya:

1. Masuklah ke menu modem dengan mengetikkan 192.168.1.1 pada browser. Lakukan login dengan mengisi password (default=admin).

2. Pilih menu Security - DMZ Settings, lalu pada menu DMZ Status pilihlah Enable. Isilah IP Address yang terdisplay pada Web Camera kita, misalkan 192.168.1.101 (tanpa titik dua 8080), klik Apply.



3. Jalankan aplikasi Web Cam pada HP Android kita (jangan lupa meng-enable-kan fungsi Wi-Fi pada ponsel). Pastikan dulu camera bisa di-access secara lokal melalui laptop kita.

4. Setelah pasti, bukalah halaman baru pada browser di laptop kita, lalu ketiklah http://canyouseeme.org. Pada What Port? isilah dengan 8080 untuk menguji apakah Port ini open atau tidak. Jika open, maka Port 8080 dinyatakan Success. Perhatikanlah pada kolom Your IP tertulis angka berapa, misalkan 182.8.44.99. Ini adalah WAN IP yang didapatkan oleh modem kita saat itu.



 5. Langkah terakhir adalah meminta bantuan teman untuk meng-access camera kita dengan cara mengetikkan http://182.8.44.99:8080 pada browser laptop dia. Nah, jika kita punya koneksi Speedy di rumah, maka kita bisa meng-access-web cam ini via jaringan Speedy. Pindahkanlah koneksi Wireless Network Connection Laptop kita dari WiFi Router Huawei ke jaringan WiFi atau kabel Speedy.

6. Tinggallah sekarang melihat hasilnya. Lakukanlah eksperimen dengan berbagai setting pada camera, terutama pada Resolution dan Quality, sehingga diperoleh hasil gambar yang paling optimal.



Access Melalui Layanan Data
Bagi yang selalu memakai layanan data dari provider GSM (kami bukan termasuk di dalamnya!), aplikasi ini sangat mudah sekali digunakan tanpa harus "setting sana setting sini". Kita cukup meng-enable-kan layanan data pada ponsel Android kita. Beres! 


Setelah aplikasi Web Cam dijalankan, maka address web camera kita akan ditampilkan otomatis pada layar (bersamaan dengan munculnya iklan!!), misalnya http://182.2.174.112:8080. Alamat inilah yang nantinya kita access melalui koneksi internet di tempat kita. Mudah sekali! Adapun soal kualitas dan kecepatan gambar, tentunya tergantung dari sinyal yang kita peroleh saat itu, apakah E (EDGE), 3G atau H (HSDPA).


Terakhir, untuk aplikasi yang terbilang gratis ini, maka kita harus cukup puas dengan hasil "apa adanya". O,ya, perhatikan pula ketersediaan pulsa pra-bayar anda dan jangan kaget apabila cepat habis, karena kita tengah melakukan video streaming.

Selamat mencoba!