Minggu, 07 Agustus 2011

Weisss...Baru Tahu Nih DSC Ada Aplikasi Androidnya!


Apakah anda memakai alarm merk DSC? Apakah anda juga pengguna smartphone Android? Apakah di rumah ada koneksi internet yang selalu on? Jika semuanya ya, maka sekaranglah mungkin saat yang tepat bagi anda untuk mencoba aplikasi DSC Alarm Monitor (kini D Alarm Monitor) yang ada di Android Market (kini Google Play). Aplikasi ini ada dua versi, yaitu versi Lite yang gratis dan versi berbayar. Sebelum memutuskan untuk membeli versi yang berbayar, ada baiknya jika anda mencoba dulu versi Lite-nya.

Cuma berita buruknya, sebagaimana disebutkan oleh developernya, anda harus memiliki modul tambahan pada sistem alarm anda. Modul yang dimaksud adalah IP Communicator TL150 keluaran DSC seperti tampak pada gambar pembukaan di atas. Kami sudah mencoba aplikasi ini dan ternyata bekerja baik. Sekalipun masih terbatas pada feature Arm, Disarm dan Zone Status saja, namun idenya sih boleh juga. Bagaimanakah itu? Berikut gambarannya.


Seperti biasa, modul TL150 disambung dengan panel alarm DSC (misalnya tipe PC1616, PC1832 atau PC1864) pada jalur keybus R, B, Y, G. Setelah itu hidupkan panel dan output TL150 dihubungkan dengan jaringan LAN di tempat kita. Pastikan jaringan LAN kita memakai DHCP (untuk sementara lupakan dulu apa yang dimaksud dengan DHCP!). Setelah terhubung dan lampu TL150 berkedip-kedip, cobalah access modul ini secara lokal dulu melalui PC atau laptop, cukup dengan mengetikkan http://tl-150 pada browser. Jika semuanya OK, maka seketika itu juga menu TL-150 akan muncul dan alarm bisa kita operasikan dari sana. Sampai di sini agaknya tidak ada masalah. Nah, bagaimana caranya agar alarm kita bisa di-access dari luar?

Download-lah dulu aplikasi DSC Alarm Monitor Lite di Android Market. Setelah itu periksalah IP Address yang dipakai oleh TL150 di menu modem router anda. Carilah di menu DHCP clients atau bisa juga melalui aplikasi Overlook Fing. Misalkan, di sana kelihatan TL150 memakai address 192.168.1.4. Nah, masih ingat bahasan tentang access DVR via internet? Jika ya, maka bukalah Port 80 untuk alamat 192.168.1.4 ini, karena TL150 memakai Port 80 yang tidak bisa diubah. Agar bisa tetap terakses, nantinya alamat tersebut bisa dimasukkan ke dalam menu DHCP Reservation pada Modem/Router. Setelah itu save dan keluarlah dari menu modem/router. 

Jika kita sudah punya hostname di DynDNS untuk meng-access DVR, misalkan tanyaalarm.dyndns.org, pakai saja lagi hostname ini, tidak usah membuat lagi yang baru. Tetapi jika belum punya, maka buatlah dulu seperti pada langkah ini. Setelah hostname berhasil dibuat, masukkanlah hostname dan password DynDNS anda tadi ke dalam menu DDNS pada modem router, misalkan seperti di bawah ini. Tujuannya agar modem/router melakukan update ke DynDNS.


Seperti biasa lakukanlah open port check melalui http://canyouseeme.org. Kali ini ketikkanlah angka 80 pada What Port? dan harus terlihat Success! Pastikan saat menguji ini, modul TL-150 nya dalam keadaan terpasang dan menyala! Jika belum Success, maka periksalah kembali settingan modem/router-nya.

Jika sudah Success, mari kita lanjutkan. Bukalah aplikasi android tadi pada ponsel. Pada kolom IP masukkanlah hostname anda, misalkan tanyaalarm.dyndns.org. Jika koneksi memakai wifi, maka boleh juga diisi dulu alamat IP lokal, misalkan 192.168.1.4 untuk mengetes konek tidaknya. Pada Code: ---- isilah dengan PIN alarm anda, misalkan 1234. User dan Pwd adalah milik TL150 (defaultnya: admin, admin). Setelah terisi, tekanlah Test dulu. Jika muncul "Successfully contacted alarm", artinya berhasil dan kitapun bisa mengaktifkan dan mematikan alarm dari ponsel. Seperti kami katakan sebelumnya, walaupun masih sederhana, namun idenya boleh juga!  Siapa tahu versi berikutnya jauh lebih baik.  O, ya, agar tampilan jam dan tanggal cocok, maka kita harus melakukan time setting pada panel terlebih dulu.  Selamat mencoba!