Selasa, 20 Desember 2011

PC Auto Power On


Apabila access DVR melalui internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, tentu saja kita merasa kesal jika satu saat DVR tidak bisa diakses. Oleh sebab itu, setelah mengetahui persis penyebabnya, maka pada posting kali ini kami akan menjelaskan bagaimana caranya agar software DDNS updater pada PC kita bekerja efisien. Software DDNS updater bisa dipasang pada salah satu PC kerja yang terkoneksi ke internet. Selain software updater, ada sebuah software tambahan yang dapat kita pasang untuk menyalahidupkan PC ini secara otomatis, sehingga PC (DDNS Updater) kita benar-benar efisien. Salah satu software yang dimaksud adalah Auto Power On & Shutdown versi 2.5. 

Dengan memasang software ini, kita bisa mengatur jam kerja PC sesuai dengan keperluan. Misalkan untuk aplikasi kantor, PC dapat kita atur agar On tepat pukul 08.00. Dengan demikian saat masuk kerja, updater sudah bekerja dan PC-pun siap dipakai. Di saat on itulah, software updater akan berjalan (Start with Windows). Demikian pula kita bisa tambahkan waktu lain lagi, misalkan pukul 12 siang (saat jam istirahat) PC menjadi Standby dan On lagi pukul 13 (saat masuk). Setelah itu, pukul 17 PC menjadi Standby atau Hibernate agar besoknya bisa On kembali pada pukul 8 pagi. Demikian seterusnya seperti terlihat pada screenshot di bawah ini.




Namun, berita jeleknya software ini tidak gratis! Silakan anda download dulu versi trial-nya untuk dicoba. Setelah cocok, selanjutnya terserah anda apakah akan memakainya atau tidak, karena boleh jadi anda sudah memiliki versi lain yang gratis. Konon, aplikasi ini bisa (sedikit) menghemat listrik, karena tidak sedikit karyawan yang lupa mematikan PC saat istirahat atau bahkan saat pulang! O,ya, ada juga aplikasi sejenis yang tak kalah bagusnya di sini. Silakan anda coba dan membandingkan mana diantara keduanya yang lebih bagus.


Pertanyaan lain yang muncul adalah bagaimana saat listrik mati? Apakah pada saat listrik hidup kembali, status PC tetap mati? Jangan khawatir! Semua motherboard PC dewasa ini sudah memiliki feature Power Management yang baik. Nah, carilah menu Power Management Setup pada menu BIOS. Di sana ada beberapa pilihan. Pilihan paling pas adalah mode Memory dimana saat listrik pulih (hidup kembali), keadaan PC akan seperti keadaan sebelum listrik mati. Dengan demikian, software Auto Power On dan updater akan tetap berjalan seperti biasa.