Rabu, 29 Februari 2012

Mengapa Camera Access Point Putus Nyambung? (Bagian-4)

Susunan Peralatan Camera Access Point
Menjawab pertanyaan dari pembaca lain mengenai bagaimanakah susunan peralatan camera access point itu, maka berikut ini kami ilustrasikan gambar dasar dari camera access point yang dimaksud.



Idealnya gambar di atas dimuat di awal tulisan, sehingga semua pembaca bisa membayangkan bagaimana susunan peralatan camera access point yang dimaksud. Kami sendiri belum begitu familiar betul dengan peralatan access point keluaran TP-Link ini, namun semoga gambar di atas mewakili kondisi sebenarnya.

Camera yang digunakan bisa dari jenis IP Cam maupun Analog dengan tambahan Video Server. Bagi pembaca yang ingin mengetahui perbedaan keduanya, silakan rujuk kembali ke referensi lain di google atau di sini. Tujuan kita dengan kofigurasi ini adalah menge-ping IP Cam dari Laptop pada jarak jauh. Adapun IP Address pada setiap unit di atas hanyalah sekadar contoh saja. Apakah laptop bisa nge-ping IP Camera yang 192.168.1.20 itu? Bagaimana hubungannya dengan IP Address Access Point, apakah bisa di-ping juga? Jawabannya, semua harus bisa, karena memang itulah fungsi dari access point. Bagi pemula (seperti kami), sensasinya akan terasa saat laptop kita mendapatkan reply dari IP Cam, padahal keduanya terpisah pada jarak yang sangat jauh! Jika sudah reply, maka sejatinya IP Cam bisa di-browsing dari laptop, bukan? Tapi mengapa kok suka putus-putus, ya? Nantikan analisa kami dari sisi Fresnel Zone Clearance dan Antenna Height pada posting mendatang, insya Allah.