Minggu, 11 Maret 2012

Beberapa Accessories CCTV yang Berguna (Bagian 1)


Pengantar
Accessories CCTV kadangkala diperlukan, baik saat kita menghadapi problem di lapangan maupun untuk keperluan lainnya. Problematika CCTV yang paling sering terjadi adalah gangguan interferensi dan gambar gelap di malam hari. Ini adalah hal lumrah, terlebih lagi pada instalasi camera outdoor di pabrik dengan tarikan kabel yang jauh-jauh. Di sisi lain, ancaman dari petir malah kerapkali terabaikan. Jarang sekali kami dapati instalasi camera yang menyertakan anti-petir di dalamnya, kecuali setelah didapati peralatan yang rusak oleh sengatan petir. Di sinilah pentingnya accessories anti-petir dipasang. Ini hanyalah contoh saja.

Namun, di sisi user penambahan accessories CCTV ini tentu saja memakan budget yang lumayan besar. Katakan saja jika setiap titik camera dipasangi peralatan anti-petir, maka berapa banyak cost tambahan yang mesti dikeluarkan untuk 16 camera? Jadi, alih-alih membeli CCTV paket hemat, malah akhirnya biaya jadi membengkak lantaran penambahan accessories di sana-sini. Kalau begitu, seberapa pentingkah peranan dari accessories CCTV ini?

Ibarat pepatah tak kenal maka tak sayang, maka pada posting mendatang insya Allah kami akan ajak anda untuk mengenal dulu beberapa accessories CCTV yang dimaksud. Soal nantinya akan dipakai atau tidak, hal itu terserah pada anda dan vendor, sebab accessories ini ada yang mutlak harus dipasang, tetapi ada juga yang tidak. Harapan kami semoga melalui tulisan kecil ini, anda bisa mengenalinya satu per satu. Bagaimana, setuju?

Baiklah, berdasarkan fungsinya accessories CCTV ini bisa kami bagi ke dalam 4 (empat) kategori, yaitu:

1.Accessories untuk meningkatkan performance, diantaranya:
   Video AmplifierIP Extender hingga External Infra Red Lamp.

2.Accessories untuk menghilangkan gangguan (trouble), yaitu:
   Ground Loop Isolator beserta jajarannya.

3.Accessories untuk menambah fungsi (perluasan), seperti:
  Video Distributor, Data DistributorVGA Distributor termasuk pula RS-232 to RS-485 Converter.

4.Accessories untuk melindungi peralatan (protection), yaitu:
   Surge Protection untuk Video, Power dan Data.

Disebabkan adanya pembagian ini, maka acessories seperti: camera mounting bracket, camera housing serta pan-tilt motor tidak kami masukkan ke dalam pokok bahasan mengingat fungsi masing-masingnya sudah jelas.