Rabu, 14 Maret 2012

Beberapa Accessories CCTV yang Berguna (Bagian 3)


4. Ground Loop Isolator
Bahasan seputar ground loop pernah kami muat di sini dan di artikel sebelumnya. Bagi yang ingin merujuk ke sana kami persilakan. Sepanjang pengalaman, unit ini sudah terbukti kehandalannya sebagai penghilang gangguan noise atau interferensi. Memang diperlukan analisa lebih cermat sebelum memutuskan untuk memasang unit ini. Namun, apabila deadline proyek sudah dekat, sementara tidak cukup waktu untuk menarik kabel baru guna menghindari gangguan, maka -boleh jadi- unit ini merupakan solusi cerdas. Dalam analisa awal, siapkanlah minimal 2 unit ground loop isolator. Pasanglah dekat dengan DVR atau monitor terlebih dulu dan perhatikanlah hasilnya. Jika gangguan hilang, biarkanlah unit ini terpasang di sana (jangan menganalisa lagi!). Lanjutkan di jalur camera lain (atau bisa "meminjam" dulu GL yang terpasang tadi). Adakalanya kita memerlukan dua unit, yaitu satu di dekat camera dan satu lagi dekat DVR. Oleh sebab itulah, sebaiknya kita menyiapkan 2 buah sebelum berangkat ke lapangan untuk melakukan troubleshooting. Dengan melakukan beberapa kombinasi, nantinya diketahui berapa buah ground loop isolator yang diperlukan untuk menghilangkan semua gangguan tersebut.

Beberapa tipe ground loop isolator bisa terlihat pada gambar di atas. Jika sudah memasang coaxial cable, maka gunakanlah tipe GL. Untuk sistem Video Balun, kita bisa memilih unit yang sudah dilengkapi ground loop isolator (TGP001).


5. Video Distributor
Pernahkah anda mencabangkan output camera atau DVR ke dua buah monitor dengan menggunakan T Connector? Apa yang terjadi? Gambar di salah satu atau kedua monitor tersebut cenderung memudar, bukan? Ini disebabkan impedansi pada output camera / DVR menjadi berkurang, karena dibebani oleh dua monitor sekaligus. Itu baru dua monitor. Lantas, bagaimana jika disebar ke tiga, bahkan empat monitor sekaligus? Untuk itu kita memerlukan unit video distributor agar gambar di setiap monitor tetap terjaga kualitasnya. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini, video distributor terkecil memiliki 1 input dengan jumlah output mulai dari 2, 4, 8 bahkan sampai dengan 16 output. Seperti kebanyakan peralatan aktif lain, unit ini memerlukan tegangan 12VDC dari adaptor dan pemasangannyapun cukup mudah. Video distributor ini umumnya sudah dilengkapi dengan amplifier 10dB, sehingga diklaim bisa mendistribusikan video hingga jarak 1000m melalui kabel coaxial RG-59. Di beberapa tipe ada yang dilengkapi dengan pengaturan sharpness dan brightness. 




6. RS-485 Data Distributor
Accessories ini penting untuk meningkatkan performa keyboard speed dome. Sedikit sekali installer yang mengetahui, bahwa jika kabel data ditarik secara home-run dan menumpuk pada keyboard, maka satu saat akan mengundang masalah. Persoalan tersebut sudah kami bahas di sini, silakan pembaca rujuk kembali jika mau. Dengan menambah unit ini, persoalan keyboard speed dome dapat teratasi. Diagram di bawah ini menjelaskan fungsi dari alat yang dimaksud. Walaupun tampak sederhana, namun kita tidak khawatir lagi keyboard menjadi macet, karena kabel data dari setiap speed dome kini berdiri sendiri-sendiri secara independen.