Selasa, 20 Maret 2012

Beberapa Accessories CCTV yang Berguna (Bagian 4)

7. Aplikasi Video Balun untuk Speed Dome (PTZ Motor)
Kami pernah beberapa kali ditanya mengenai aplikasi video balun untuk camera Speed Dome, sehingga kali ini kami ingin membaginya kepada pembaca. Seperti diketahui, camera speed dome merupakan salah satu camera favorit (kecuali harganya!), karena bisa berputar ke segala arah hingga 360 derajat. Tetapi dalam aplikasinya, camera ini memerlukan tiga jenis kabel yang berbeda, yaitu kabel untuk power, kabel video dan kabel data. Menarik tiga utas kabel sekaligus bukanlah pekerjaan enteng, terlebih lagi jika jaraknya jauh. Oleh sebab itu guna mengatasi keruwetan tersebut, kita bisa memakai video balun seperti yang terlihat pada diagram di bawah ini:


Tampak pada gambar di atas bagaimana seutas kabel UTP (3 pair) bisa dipakai untuk menyalurkan video, power dan data sekaligus, sehingga pekerjaan instalasi menjadi lebih mudah. Namun, aplikasi ini memiliki keterbatasan yang perlu dicatat, yaitu:

1. Power yang bisa disalurkan adalah 12VDC (bukan AC), sedangkan camera speed dome dan motor pan tilt pada umumnya memakai tegangan 24VAC, bahkan ada yang 220VAC! Menggabung power AC, video dan data dalam satu kabel UTP bukan merupakan ide yang baik, karena bisa mengundang interferensi dan bahaya apabila tegangannya 220V. Saran kami, jika speed dome memakai power 24VAC terlebih lagi jika 220VAC, ambillah sumber tegangan langsung di dekat camera, jangan menyalurkannya melalui kabel UTP!

2. Menyalurkan power 12VDC pada kabel UTP pun memiliki keterbatasan jarak, yaitu hanya 50m saja, sehingga hal ini perlu diwaspadai. Penjelasan seputar persoalan ini sudah pernah kami bahas di sini. Silakan rujuk kembali jika mau.

Alhasil, tanpa melibatkan power, alat ini bisa menyalurkan video dan data hingga 400m melalui kabel UTP. Sedangkan jika dengan power, maka jaraknya hanya 50m saja. Oleh sebab itu, untuk instalasi jarak jauh sebaiknya kabel power kita pisahkan. Walaupun power mesti terpisah, setidaknya accessories yang satu ini berguna dalam meringankan instalasi, bukan?