Kamis, 13 Juni 2013

Problematika Camera Infra Red (3)

Adanya dua camera IR indoor yang dipasang berhadapan
Jika dalam satu ruangan terpasang dua camera IR, maka kebanyakan problem yang terjadi adalah sinar infra red saling menggganggu satu sama lain. Ini ditandai dengan adanya bayangan putih, sehingga gambar tampak buram.  Penanganannya tetap mengacu pada rule of thumb mengubah arah salah satu camera. Jika ini tidak memungkinkan, bisa ditempuh dengan cara mematikan infra red di salah satu camera, bahkan di kedua-duanya. Sebagai pengganti cahaya, kita bisa menambahkan lampu downlight (bila mungkin) atau infra red illuminator pada posisi yang tepat. Selama memungkinkan, bisa juga dipertimbangkan dengan mengganti camera dengan tipe Day&Night (tanpa IR).


Pengaruh debu, sarang laba-laba, goresan dan sidik jari pada cover
Debu, kotoran atau sarang laba-laba yang menempel pada cover oleh infra red akan diterjemahkan sebagai objek yang memantul, sehingga mengganggu kualitas gambar. Gambarannya lebih kurang seperti ini:


Perhatikan efek yang terjadi pada latar belakang, tampak putih dan tidak jernih, bukan? Nah, masalah ini dapat diatasi hanya dengan membersihkan cover. Perlu diingat, saat membersihkan gunakanlah lap khusus yang tidak menggores, seperti bahan microfiber (lap kacamata) atau plas chamois (kanebo). Ini untuk menghindari tergoresnya cover yang justru akan mendatangkan masalah baru.

Satu hal lain yang sering luput adalah sidik jari. Saat menutup camera -khususnya yang berjenis dome- adakalanya sidik jari kita menempel pada cover tepat di depan lensa. Hal ini menyebabkan camera menjadi buram dan memantulkan infra red. Cover transparan pada camera dome senantiasa dilindungi oleh lembaran plastik dan baru dilepas saat cover sudah terpasang. Namun, saat membuka cover kita jarang memperhatikan hal kecil ini. Akibatnya, cover dome penuh dengan bekas sidik jari. Tidak heran jika ada pabrik yang melengkapi produknya dengan sarung tangan putih berbahan halus. Jika ada, pakailah sarung tangan ini saat menutup atau membuka cover, lalu bersihkanlah bekas-bekas sidik jari dengannya.

Penutup
Masalah umum yang terjadi pada camera IR seperti yang telah kami jelaskan adalah lumrah dan bisa ditangani dengan menerapkan rule of thumb sederhana. Tergantung tingkat kompleksitas di lokasi pemasangan, adakalanya kita harus bekerja secara bertahap sebelum masalahnya benar-benar tuntas. Sampai jumpa!