Selasa, 11 Juni 2013

Problematika Camera Infra Red (2)

Pantulan dari lampu infra red
Persoalan inilah yang boleh dikatakan paling sering terjadi. Penyebabnya bisa bermacam-macam, namun sebagai pedoman  (rule of thumb) dalam troubleshooting, bisa dirinci sebagai berikut:


1. Hindari refleksi dari dalam casing. Ketahuilah, bahwa semakin naik arah camera mendekati 90 derajat, resiko pemantulan semakin tinggi, karena cover dome bagian dalam akan tampak dan memantulkan infra red. 




Jadi pedomannya adalah: hindarilah objek yang memantul, baik itu dari dalam casing dome itu sendiri atau dari luar dengan cara mengatur kembali arah camera.

2. Hindari juga objek yang memantul, seperti: lantai, dinding, langit-langit dan permukaan lain yang berwarna putih. Selain menimbulkan efek silau di siang hari, objek seperti inipun berpotensi memantulkan infra red di malam hari.

3. Jangan memasang casing tambahan atau memasang camera di balik kaca.

4. Perbaiki posisi semua karet penutup, baik di sekitar lampu led, maupun di sekeliling camera, jangan sampai miring atau dudukannya tidak pas.

5. Kencangkan semua sekrup cover camera (jika ada) jangan ada yang longgar.

Lingkaran di tengah-tengah (halo effect)
Pernahkah anda melihat hasil gambar camera IR pada kondisi gelap seperti ini? Masalah ini bisa saja terjadi, bahkan pada merk yang termasuk bagus sekalipun.


Gejala ini sering disebut sebagai halo effect dan ini sangat lumrah terjadi di beberapa tipe camera IR. Penyebabnya adalah lampu IR yang terlalu menyebar dan memantul melalui cover dalam intensitas kecil. Walaupun kecil, tetapi dampaknya sangat menganggu. Sekali lagi, masalah ini bisa diatasi dengan menerapkan salah satu dari rule of thumb di atas. 

Pengembunan
Masalah ini kerap terjadi, khususnya pada camera tipe outdoor, walau tidak menutup kemungkinan terjadi pula pada tipe indoor yang dipasang di outdoor. Penanganannya telah kami paparkan di sini, silakan rujuk kembali kalau mau.

Lensa yang tidak fokus
Pernah seorang client mengganti lensa camera IR standar pabrik (6mm) dengan lensa 3.8mm dengan harapan bisa memperoleh pandangan yang lebih lebar. Namun, apa yang terjadi? Alih-alih bagus, hasilnya malah terlihat buram seperti ini. 

Jadi, pertimbangkanlah jika kita ingin mengganti lensa dengan ukuran lebih kecil, karena -menurut apa yang kami alami- hal ini bisa menimbulkan pantulan dan out of focus

Kualitas material cover (penutup camera)
"Ada harga ada barang", demikianlah pameo yang selama ini sulit dipatahkan. Kualitas cover memang ikut andil dalam menciptakan pantulan. Cover yang mudah buram dan tergores, boleh jadi merupakan biang keladi dari semua itu. Berbeda dengan cover yang bening, kokoh dan halus, maka permasalahan ini bisa diminimalisir. Oleh sebab itu beberapa fabrikan ada yang menyediakan cover pengganti seandainya cover aslinya tergores atau materialnya kurang bagus. Namun -sekali lagi- sebelum mem-vonis produk, cobalah tangani dulu dengan rule of thumb di atas.