Selasa, 23 Juli 2013

Tips Meninggalkan Rumah saat Berlibur


Setiap menjelang libur Lebaran, kita sering disuguhi dengan berbagai macam tips, mulai dari tips persiapan mudik, tips pemeriksaan kendaraan sebelum mudik, tips mudik yang aman, tips mencari pembantu sementara dan segudang tips lainnya. Seolah tak mau ketinggalan, kali ini Tanya Alarm & CCTV pun mau ikut-ikutan memberikan tips seputar keamanan rumah saat ditinggal mudik. Tidak mengapa, bukan? Tips ini kami kutip dari selebaran US Inspect di Amerika Serikat (AS). Walaupun mungkin ada yang tidak sejalan dengan keyakinan ataupun pemikiran kita, namun tips ini banyak manfaatnya. Berikut kutipannya:

Home Burglary Prevention Tips
                                                                                     
Musim panas sering diartikan dengan waktu berlibur! Tetapi saat bepergian, sudahkah rumah kita aman dari aksi pencurian? Menurut laporan Insurance Information Institute sekurangnya ada 2,15 juta kasus pencurian setiap tahun (di AS – red.). Lebih dari 65%-nya adalah pencurian di rumah tinggal dan terjadi pada puncak hari libur di bulan Juli hingga Agustus. Jadi, bagaimanakah agar rumah kita aman selama liburan? Berikut ini ada beberapa tips yang berguna bagi anda, sehingga nanti satu-satunya kekhawatiran anda saat liburan hanyalah sunburn!  (Sunburn = kulit terbakar akibat lama berjemur di pantai – red.)

1. Jangan sharing liburan anda secara online di jejaring sosial. Banyak orang yang aktif memakai Facebook, Google+ dan lainnya. Mungkin saat ini anda memiliki 500 teman online, tapi hanya 15 diantaranya yang benar-benar teman dekat, bukan. Sisanya hanya kenal sekilas saja. Nah, jangan umumkan liburan anda ke setiap orang di sosial media, karena pada hakikatnya anda mengumumkan ke 500 orang, bahwa rumah anda kosong selama satu minggu. Sebanyak 499 diantaranya mungkin bisa anda percaya, tapi hanya diperlukan satu orang saja untuk merusak liburan anda.

2. Jangan menyebutkan rencana liburan anda dalam pesan voice mail atau menjawab email dengan “out of office”; katakan saja saya sedang tidak berada di meja dan segera kembali setelah selesai.

3. Jangan menuliskan pesan apapun di atas pintu yang menyatakan anda sedang pergi jauh atau liburan. 

4. Gunakan sensor gerak yang akan menyalakan lampu secara otomatis di pekarangan rumah anda. (Lampu otomatis ini mudah diperoleh di pasaran – red.)

5. Periksa kembali semua pintu dan jendela apakah sudah benar-benar terkunci.

6. Tutup rapat dan kuncilah garasi.

7. Pangkaslah semak-semak dan pepohonan di halaman supaya tidak dipakai tempat persembunyian pencuri.

8. Pasanglah pintu luar yang solid, kokoh dan pasanglah kunci berkualitas baik untuk jendela. Kebanyakan pencuri tidak mau bersusah payah. Setiap yang menghambat akan mereka hindari.

9. Jangan menyimpan uang cash, perhiasan atau barang berharga dalam jumlah besar di dalam rumah, terutama yang bisa terlihat dari jendela.

10. Gantilah semua kunci yang pernah hilang atau dicuri.

11. Kuncilah pintu ruang penyimpanan dan simpanlah mesin pemotong rumput, barbeque, sepeda dan sebagainya agar tidak terlihat.

12. Pasanglah gordyn di jendela pintu garasi dan jendela di ruangan basement.

13. Jangan menyimpan kunci di bawah keset, pot bunga dan sebagainya. Pencuri umumnya sudah tahu kebiasaan ini.

14. Beritahukan tetangga agar mewaspadai orang dan kendaraan yang mencurigakan di depan rumah.

15. Amankan semua surat berharga, termasuk SIM dan kartu identitas lainnya.

16. Rekam atau fotolah semua isi rumah, termasuk peralatan elektronik yang dimiliki, lengkap dengan nomor serialnya. Ini membantu saat terjadi kebakaran dan pengajuan klaim. Perusahaan asuransi umumnya merekomendasikan anda untuk mencatat harga barang, tanggal pembelian, nomor serial dan sebagainya untuk mengidentifikasi kepemilikan.

17. Gunakanlah timer untuk penerangan di dalam rumah agar lampu mati di siang hari dan menyala pada malam hari (Timer seperti ini banyak dijual di toko listrik – red.). Membiarkan lampu menyala sepanjang hari bukanlah ide yang baik. Selain kelihatannya janggal, hal itu akan memboroskan energi tentunya.

18. Beritahulah kantor pos agar menangguhkan pengiriman surat (ini bisa dilakukan secara online dalam beberapa menit), atau suruhlah seseorang untuk tetap mengambil surat, kiriman majalah maupun koran selama anda pergi.

19. Suruhlah seseorang untuk memotong rumput selama anda pergi.

20. Tinggalkanlah mobil di driveway (carport).

21. Buatlah agar rumah kita berisik saat pencuri berupaya masuk. Pertimbangkanlah untuk memasang sistem alarm.

Demikianlah tips yang semoga berguna bagi pembaca setia Tanya Alarm & CCTV. Sampai jumpa!