Selasa, 01 Oktober 2013

Aplikasi Android Texecom


Salah satu merk panel control alarm yang feature-nya terbilang paling lengkap adalah Texecom buatan Inggris. Bagi sebagian orang merk ini mungkin kurang begitu dikenal dan konon panel ini sulit dipelajari. Programmingnyapun lebih rumit ketimbang merk alarm lainnya, sebut saja misalnya DSC. Pada merk DSC, untuk mendapatkan panel yang siap dioperasikan, kita hanya perlu satu-dua sentuhan saja saat programming. Berbeda dengan Texecom dimana kita perlu menelusuri satu per satu setiap menu yang ada. Dengan demikian, programming melalui keypad akan memerlukan banyak waktu. Inilah rupanya yang menjadi sebab mengapa panel ini terbilang eksklusif, karena tidak setiap teknisi mau melakukannya.

Akan tetapi para engineer Texecom sudah memperhitungkan soal ini, sebab panel yang njlimet tentunya tidak akan laku di pasaran dan bakal "dimusuhi" teknisi. Sebagai solusinya, mereka membuat software khusus untuk programming bernama Wintex. Melalui software ini, programming jadi jauh lebih mudah dan cepat ketimbang memakai cara manual. Menu-menunya terbilang sangat user friendly. Memang, untuk menguasainya kita perlu memahami dulu arti dari istilah yang dipakai. Namun, dalam hal programming via software, kita perlu akui bahwa Texecom sudah jauh meninggalkan kompetitornya. Inilah salah satu kelebihan yang mereka miliki .

Salah satu kelebihan lain adalah hadirnya aplikasi android di Google Play. Walaupun aplikasi semacam ini sudah banyak dimiliki oleh merk lain, namun yang menarik dari Texecom adalah tampilan virtual keypad yang real time, seolah-olah customer sedang membawa keypad alarm rumahnya ke mana-mana. Kami sudah mencoba aplikasi ini dan bekerja dengan sangat perfect. Saking sempurnanya, sampai-sampai kami mengira hingga saat ini belum ada aplikasi alarm merk lain yang bisa menyamainya (atau kami yang ketinggalan!). Penasaran mencoba? Pada posting berikut ini kami akan paparkan khusus untuk pembaca. 

Tetapi berita buruknya adalah seperti halnya aplikasi Android pada alarm DSC, Texecom pun memerlukan satu modul tambahan berupa Com IP module seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

                                                            

Selain itu tidak semua panel Texecom bisa menjalankan aplikasi ini. Panel yang sudah kami coba dengan baik adalah Premier Elite 88 versi 2.09.01 LS1. Sedangkan menurut review salah seorang pemakai aplikasi ini di Google Play, untuk Premier 48 mesti memakai versi 10. Bagi yang sudah memiliki panel Texecom, silakan cek versinya dengan menekan tombol [Menu] [4]. Pada keypad akan tertera versi panel. Di luar versi yang kami sebutkan di atas, aplikasi ini tidak akan bekerja sempurna.

Adapun berita buruk yang terakhir adalah aplikasi ini tidaklah gratis. Di google play terdapat 3 (tiga) aplikasi, yaitu Engineer App, Keypad App dan Smartkey App. Khusus untuk Engineer App yang kami coba, harga aplikasinya ada di kisaran 6 dollar. Walaupun demikian, harganya masih terbilang wajar jika dibandingkan dengan kemudahan yang bakal diperoleh.

Baiklah sekedar pengetahuan, kita tengok susunan peralatannya seperti pada gambar di bawah ini. Siapa tahu pembaca berminat untuk mencobanya sendiri.


Terlihat dari dari gambar di atas, metodenya cukup sederhana, bukan? Kita tinggal memberikan ip address pada panel alarm kita via Com IP module. Setelah terkoneksi secara lokal melalui jaringan wifi, kita bisa memanggil keypad alarm agar tampil di smartphone atau tablet kita. Saat keypad sudah tampil, kita bisa mengoperasikannya langsung layaknya keypad asli. Solusi ini terbilang cerdas, karena sangat memudahkan pengguna. Apalagi access wifi di rumah-rumah saat ini bukanlah merupakan barang baru.

Bagaimanakah dengan access via internet? Mudah saja. Jika sudah familiar dengan access dvr via internet, maka kita tinggal membuka port 10001 pada router untuk ip address panel. Seperti diketahui, 10001 adalah port default panel Texecom. Namun, kita bisa mengubahnya ke angka lain jika mau.

Apakah sudah punya account di no-ip, dyndns atau lainnya untuk access dvr? Jika ya, pakai lagi saja domain name itu untuk mengakses panel dari luar via aplikasi ini, tidak perlu membuat lagi yang baru. Bagaimana, apakah ada sedikit pencerahan? Jika belum silakan ikuti postingan kami selanjutnya. Selamat berkarya!