Sabtu, 29 November 2014

IP Alarm?


Kira-kira apa yang terbayang di benak kita saat mendengar istilah IP Alarm? Apakah panel alarm yang bisa diakses via internet?  Ataukah satu device tambahan berupa module IP yang dipasang dalam box panel? Atau mungkin alarm yang bisa reporting ke IP receiver? Atau terbayang yang lainnya?

Ya, kendati tidak salah-salah amat, namun apa yang disebut di atas rasanya bukan hal aneh lagi saat ini. Contohnya, panel DSC dengan tambahan modul TL-150 ternyata bisa dioperasikan via internet melalui aplikasi pihak ketiga di Google Play. Jadi, kalau hanya itu sih kayaknya sudah biasa.

Demikian pula dengan device tambahan berupa IP module. Itupun sudah umum dijumpai pada hampir setiap merk alarm, diantaranya DSC dan Texecom.

Reporting sinyal alarm via internet pun secara konsep sudah mantap dan peralatannya juga tersedia, tinggal menunggu saja siapa pemainnya yang mau masuk ke segmen ini. Atau malah sudah ada di negara kita.

Lantas, apa dong IP Alarm yang dimaksud?

Baru-baru ini, Micron Security (sebuah perusahaan alarm system dari New Zealand) mengenalkan sebuah panel dengan konsep baru yang mereka namakan Meridian IP Alarm. Kenapa kami sebut konsep baru, karena panel ini sejatinya bisa di-browse langsung via LAN / internet, baik untuk keperluan programming ataupun pengoperasian.  Jadi, teknisi tidak perlu report bolak-balik buku program, sebab panel ini bisa diakses via browser tanpa perlu menginstall aplikasi apa-apa. Mantap ga tuh? 

Alhasil, hanya berbekal sebuah laptop, programming zone, delay time, partisi, user code, output dan lain-lain bisa dilakukan dengan cukup mudah.  Produk ini tersedia dalam model 8 dan 16 zone serta bisa di-mix dengan sensor dan remote wireless, sehingga menambah fleksibilitas untuk dikembangkan di kemudian hari. 

O, ya, produk ini boleh jadi merupakan kabar baik bagi kalangan IT yang ingin berkenalanan dengan sistem alarm, tanpa perlu menghafal lokasi programnya via keypad. Cukup dengan mengetik IP address di browser dan voila! muncullah tampilan menu yang bisa diotak-atik langsung secara online. Menarik, ya?  Ada yang lebih menarik lagi, yaitu aplikasi gratis produk ini -namanya Micron Lite- sudah bisa diunduh di Google Play maupun iTunes. Pemakai bisa mengoperasikan alarm ini via gadget, baik berupa smartphone maupun tablet berbasiskan Android maupun iOS.

Oleh karena produk ini terbilang baru - walaupun purwarupa-nya sudah ada semenjak dua tahun lalu! - namun penulis belum bisa memprediksi apakah ia akan cepat diserap market atau malah stagnan alias jalan di tempat. Lagipula belum semua fitur yang penulis coba, sehingga untuk menyimpulkan plus minusnya masih diperlukan waktu, setidaknya sampai awal tahun depan. Namun, kehadiran produk ini rupanya cukup "mengusik" para penggiat alarm, mungkin pembaca adalah salah satu diantaranya.

Bagaimana, penasaran lihat menu-menunya? Insya Allah kami akan postingkan sedikit untuk pembaca.